10 Hits K-pop Terbaik 2021

Sedang Trending 1 tahun yang lalu

Selalu ada lagu catchy nan mewarnai hari-hari kita dari industri K-Pop setiap tahunnya. Menjadi industri musik nan selalu produktif dan menghadirkan single maupun album setiap bulannya, pada 2021 ini pun ada banyak track K-Pop terbaik nan telah dirilis, baik dari group terpopuler hingga para rookie nan baru saja debut.

R&B pop dan konsep musik girl crush tetap banyak kita dengarkan tahun ini dari skena musik ini. Semakin terkenal di industri musik barat, beberapa soloist hingga group cukup terpengaruh dengan nuansa western pop juga. Berikut hits K-Pop terbaik 2021 jenis Cultura.

LILAC – IU

Menandai pendewasaan dirinya sebagai wanita maupun musisi, IU merilis album berjudul “LILAC” dengan single berjudul serupa. Meski ‘Celebrity’ menjadi single utama, ‘LILAC’ menjadi track nan patut mendapatkan perhatian lebih lantaran keseluruhan konsepnya. Mulai dari penulisan lirik nan puitis, aransemen musik city pop nan sesuai dengan tema dan persona IU nan beranjak dewasa, hingga video klip nan mempunyai beragam easter eggs dan cerita berfaedah seputar karir IU di industri hiburan.

HAPPEN – Heize

Bagi kita fans K-drama dengan romansanya nan melankolis, ‘HAPPEN’ menjadi sebuah lagu nan menyajikan kisah cinta pendek melalui musik nan menyentuh. Dibawakan dengan aransemen R&B pop dengan sentuhan blues dan funk, membikin lagu ini terasa ballad sekaligus up beat. Heize sukses menyajikan dinamika kisah cinta nan dramatis melalui lagu dan video klipnya nan artistik.

Next Level – Aespa

‘Next Level’ merupakan single terbaru dari girlband Aespa nan mempunyai konsep futuristik. Tampil sebagai girlband SM Entertainment dengan persona nan lebih edgy dan sexy, ‘Next Level’ memperdengarkan dance pop musik dengan percikan girl crush nan centil, terutama pada bagian hook ‘la la la la la laa’ pada lagu ini. Diselipkan pula blues hip hop pada bagian transisi di tengah komposisi lagu sebagai variasi.

Inside Out – NU’EST

Konsisten dengan aliran R&B pop-nya, NU’EST kembali dengan album “Romanticize” dengan single ‘Inside Out’. Masih menyajikan materi musik K-Pop nan terasa lebih dewasa, memadukan era “Happily Ever After” dengan “DRIVE”, menghasilkan lagu nan memberikan lirik ballad, namun diiringi dengan aransemen musik nan up beat dan terdengar enerjik.

In the morning – ITZY

ITZY bisa jadi sedang dalam daftar utama girlband nan sedang mendominasi industri K-Pop. Bisa dilihat dari penampilan spesial memukaunya di panggung MAMA 2021 awal Desember kemarin. Selain ‘LOCO’, ‘In the morning’ menjadi single nan lebih layak masuk dalam daftar hits K-pop terbaik 2021 jenis Cultura. Telah mengalami cukup banyak perkembangan dibanding dengan masa debutnya, ITZY menghadirkan semakin banyak single nan lebih edgy dan sexy seperti ‘In the morning’.

Xtra – AleXa

Meski bukan termasuk musisi di liga utama K-Pop secara umum, AleXa termasuk soloist dengan fanbase-nya sendiri secara internasional. Setelah banyak merilis single nan lebih sesuai dengan selera pasar K-Pop skala lokal, Ia kembali dengan single terbaru nan lebih didominasi dengan western pop, ‘Xtra’. Meski tetap ditulis dengan lirik berkata Korea, chorus-nya dinyanyikan full bahasa Inggris. ‘Xtra’ semestinya patut mendapatkan perhatian lebih tahun ini sebagai salah satu track K-Pop nan catchy.

Hot Sauce – NCT DREAM

‘Hot Sauce’ merupakan hits paling catchy nan dirilis oleh NCT DREAM untuk tahun ini. Karena dibandingkan dengan tahun lalu, kita telah dimanjakan dengan banyak single NCT super catchy; mulai dari ‘Make A Wish (Birthday Song)’, ‘90’s Love’, ‘Kick It’, dan tetap banyak lagi. Untuk tahun ini, playlist NCT tidak se-catchy tahun kemarin selain ‘Hot Sauce’ nan betul-betul pedas bagi penikmat musik K-Pop.

On The Ground – Rose (Blackpink)

Tampaknya tahun 2021 menjadi tahun dimana para member Blackpink diberi kesempatan untuk bercahaya sebagai soloist. Salah satu project solo nan sudah kita nanti-nanti dari main vocal Blackpink adalah Rose, dengan single-nya ‘On The Ground’. Istirahat sejenak dari tracklist Blackpink nan up beat dan danceable, Rose menonjolkan kemampuannya sebagai songwriter dan vocalist melalui ‘On The Ground’.

LALISA – Lisa (Blackpink)

Selain Rose, Lisa juga berkesempatan untuk menyajikan solo project melalui ‘LALISA’. Tidak terlalu jauh dari identitas Blackpink dengan konsep girl crush dan musik dance pop-nya nan up beat, dengan brass instrument nan kencang. ‘LALISA’ menjadi deklarasi maksimal bagi Lisa nan juga bisa bercahaya dalam project solo. Tak hanya secara musikalitas, namun juga komposisi musik nan memang dirancang untuk menjadi musik danceable, salah satu kelebihan dari Lisa sebagai member Blackpink.

Butter – BTS

Setelah sukses dengan ‘Dynamite’ tahun lalu, BTS tetap tidak terkalah dengan single terbarunya tahun ini, ‘Butter’. Masih doyan menari dengan alunan musik pop dengan sentuhan disco dan R&B. Kesuksesan ‘Butter’ terbukti dengan kemenangan dalam arena American Music Award, MTV Video Music Award, People Choice Award, hingga MAMA 2021.

Sumber Blog Informasi Tentang K-Pop - Cultura
Blog Informasi Tentang K-Pop - Cultura
Atas