BTS Putuskan Hiatus, Rasa-rasanya Seakan Bubar Alon-alon

Sedang Trending 7 bulan yang lalu

KOTOMONO.CO – Boyband kenamaan asal Korea Selatan nan lagi moncer-moncernya di planet Bumi, BTS,  baru-baru ini datang memberikan berita nan bikin shock. Setelah 9 tahun berkarya dan merajai industri intermezo K-Pop, BTS memutuskan untuk hiatus namalain rehat sejenak dari bumi hiburan. 

Pernyataan tersebut, disampaikan di channel YouTube BANGTAN TV dalam kegiatan FESTA Dinner pada Selasa (14/6/2022). Mereka memutuskan untuk menjalani solo karier. Meskipun keputusan nan diambil oleh BTS untuk rehat sejenak terasa mengejutkan bagi ARMY, namun ARMY berupaya untuk menerima dan tetap berupaya mendukung semua keputusan nan diambil oleh member BTS. 

Sek sek kita Flashback sejenak perjalanan karir BTS. Kelahiran BTS dimulai sejak Big Hit Entertainment membentuk duo rapper nan diberi nama Dynamic Duo. Duo rapper tersebut beranggotakan RM dan Iron. HYBE nan merupakan nama baru dari Big Hit Entertainment kemudian membuka audisi untuk menambah personil baru. 

Kemudian tahun 2011 RM, Iron, J-Hope, Suga, Supreme Boi, dan Eleventh melakukan debut komplit dengan personil barunya, Jungkook dan V memutuskan untuk berasosiasi dan menggantikan personil nan keluar. Pada 2012, Jin dan Jimin juga berasosiasi dan akhirnya boyband tersebut memulai debut dengan nama BTS.

BTS memulai debut karirnya dengan meluncurkan single No More Dream pada 2013. Kemudian pada 11 September 2013, BTS meluncurkan mini album pertama. Karya nan diluncurkan oleh BTS mendapatkan sambutan nan luar biasa dari penikmat K-Pop di seluruh Korsel. 

Hingga akhirnya BTS sukses menyabet predikat New Artist of The Year di beberapa arena penghargaan bergengsi di Korea Selatan. BTS terus berupaya keras dan sukses menorehkan beragam macam prestasi. Bahkan lagu-lagu BTS semakin dikenal di kancah musik internasional. 

Lagu BTS berjudul “Dope” sukses menduduki posisi ketiga Billboard’s World Digital Chart pada 2017. BTS juga pernah bekerja-sama dengan Nicki Minaj, album tersebut sukses menduduki posisi pertama billboard. Bahkan pada 2020, lagu BTS dengan titel “Dynamite” sukses menduduki puncak Billboard Hot 100 selama 3 minggu. 

Tak sampai disitu, BTS merupakan artis Korea Selatan pertama nan sukses masuk nominasi Grammy Awards. Baru-baru ini BTS juga merilis album berjudul “Proof”. Album tersebut telah terjual 2,15 juta keping pada hari pertama peluncurannya. Wah sungguh fenomenal banget ya!

Masyarakat pecinta Idol Korea terutama ARMY dibuat terkejut juga sedikit bergidik oleh keputusan BTS nan menyatakan diri buat rehat sejenak. Keputusan tersebut diumumkan pada konten Festa Dinner pada channel Bangtan TV. Konten Festa Dinner selalu dinantikan oleh para fans lantaran selalu berisi cerita nan menghibur. 

Alih-alih menjadi sarana ketawa-ketiwi nan menghibur para penggemar, Bangtan Festa Dinner 2022 nan disiarkan pada 14 Juni 2022 lampau justru berisi cerita-cerita mengharukan dari para member. Terutama terkait apartemen nan mereka tempati sejak 2017 tersebut telah lenyap masa kontraknya dan tidak bakal diperpanjang. 

BACA JUGA: Lewat Drama Shooting Stars Kita Jadi Tahu Huru-hara Dibalik Industri Hiburan Korea Selatan

Seperti diketahui, member BTS banyak nan telah mempunyai kediaman sendiri. Sehingga sejak 2020 banyak nan mengatakan bahwa mereka sudah tidak tinggal di satu dorm nan sama. Mereka saling berganti cerita tentang keseruan nan mereka alami selama menghuni apartemen tersebut. 

Masing-masing member mempunyai cerita dan kenangan nan unik di tempat tinggal tersebut. Setelah saling berganti cerita nan menarik tentang apartemen berhistoris nan mereka tinggali tersebut, kemudian topik pembicaraan menjadi lebih serius. RM mengawali cerita tentang tantangan nan mereka hadapi selama pandemi Covid-19. 

Mereka merasa kehilangan arah dalam menciptakan sebuah karya musik baru. RM juga menyadari bahwa BTS telah mulai berubah sebagai suatu tim. Bahkan lewat lirik lagu “Black Swan” tergambar jelas apa nan dirasakan oleh member BTS. Pandemi Covid-19 sangat berakibat pada produktivitas nan mereka miliki dan membikin mereka frustasi.

Bahkan agenda world tour nan berjudul “Map of The Soul” nan telah direncanakan terpaksa dibatalkan. Mereka juga mengalami kekecewaan ketika tidak adanya support langsung dari ARMY saat tampil di music show. Sungguh mereka merasakan perihal pertama nan sangat menyedihkan selama perjalanan karir mereka.

Kabar tentang BTS hiatus ini memang sangat mengejutkan. Namun mereka tidak sepenuhnya bakal menarik diri dari bumi intermezo kok. Catat ya, “dunia hiburan”. Dunia intermezo itu bagi BTS nggak soal menyanyi dan menari, Variety Show rasa-rasanya juga hiburan, ya nggak ?

Alibinya mereka hanya butuh waktu sejenak untuk kembali menggarap musik secara berbareng sebagai sebuah tim. Project nan dijalani BTS selama ini seperti brand ambassador maupun beberapa iklan tetap tetap berjalan. Bahkan variety show nan berjudul Run BTS! juga bakal dihadirkan kembali.

BACA JUGA: Chu Min-ha, Girlcrush nan Perjalanan Cintanya Mirip Jalan Desa Tak Terjangkau Infrastruktur Pemda

BTS mengumumkan bakal menjalani new chapter setelahnya. Mereka bakal terlebih dulu konsentrasi untuk menggarap “solo project” masing-masing member. Seperti diketahui beberapa member BTS telah mulai meniti karir sebagai solois beberapa tahun lalu, sebut saja Suga nan belum lama ini bekerja-sama dengan Psy-Gangnam Style. Sementara ada member BTS nan lain juga bakal menjajal peruntungan di bumi akting. Rasanya seakan bercempera alon-alon, masing-masing Member BTS konsentrasi untuk membangun karir mereka sendiri.

Tetapi berita terbaru nan cukup mengejutkan terkait keputusan BTS untuk hiatus adalah adanya berita wajib militer nan kudu mereka dijalani sebagai penduduk negera nan baik. Kabar tentang rencana wamil nan bakal dijalani oleh BTS mulai tersebar melalui sebuah video. Namun itu sih hanya kabarnya, tetap sebatas katanya, hingga sekarang belum ada informasi resmi dari member BTS terkait berita wajib militer tersebut.

Apapun itu, semoga dan semoga saja ini hanya strategi marketing tingkat tinggi untuk mengukur tingkat loyalitas fansbase-nya. Ya nggak?

BACA JUGA Tulisan-tulisan menarik dari Mas Sodrun lainnya.

Sumber Blog Beita Tentang K-Pop - Kotomono
Blog Beita Tentang K-Pop - Kotomono
Atas