Itzy: Not Shy Single Review

Sedang Trending 2 tahun yang lalu

‘Not Shy’ merupakan single terbaru dari Itzy nan rilis pada 17 Agustus 2020. Track ini juga menjadi single utama dari mini album kedua mereka. Masih menganut konsep girl crush dengan lagu Pop nan fresh dan up beat, kali ini Itzy hendak menunjukan sisi lain dalam segi lirik.

‘Not Shy’ merupakan lagu dimana girlband ini menyanyikan lagu bertema cinta. Buat nan sudah mengikuti Itzy dari debut, girlband dengan member nan tetap muda-muda ini lebih lantang menyuarakan kampanye-kampanye tentang self-love dan pentingnya mempunyai rasa percaya diri nan tinggi.

‘I don’t wanna be somebody, just wanna be me’ merupakan pernyataan nan dikumandangkan Itzy pada single mereka sebelumnya, ‘Wannabe’. Sayangnya, mereka terdengar seperti idol group lain kali ini melalui track ‘Not Shy’. Terutama dalam segi aransemen musik. Alasan kenapa Itzy sempat menjadi rookie girlband tersukses pada tahun 2019 lampau lantaran mereka sukses menemukan formula persona dan musik nan belum ada sebelumnya di industri K-Pop.

Itzy selalu merilis single dengan komposisi musik dengan tempo dan beat nan stabil, menciptakan melodi-melodi nan catchy. Mulai dari ‘Dalla Dalla’, ‘ICY’, ‘Wannabe’ bisa dibilang mempunyai pola dan warna aransemen nan template-an. Namun, ketiga track tersebut sukses memberikan musik unik Itzy nan memenuhi ekspektasi pendengar dari awal debut mereka.

‘Not Shy’ tetap mempunyai beberapa unsur nan menjadi identitas dari girlband ini; chanting chorus nan catchy dan lirik lagu nan dibawakan dengan penuh percaya diri. Namun, dalam segi aransemen musik secara keseluruhan, warna musik Dance, House, Pop seperti ini sudah sering kita dengar sebelumnya. ‘Not Shy’ mempunyai daya nan mature dan mainstream. Tidak lagi fresh and youthful. Kita bisa mendengar lagu ini dibawakan oleh girlband seperti (G)I-DLE, apalagi boyband seperti EXO alias grup lainnya dengan konsep swaggy. Aransemen musik didominasi dengan trap beat nan sudah sangat sering diadaptasi dalam lagu-lagu K-Pop. Dipadukan dengan instrumen semi brass nan juga sudah sangat mainstream.

Bukan Itzy tanpa dance break nan semarak dengan beat nan tegas dan stabil, seperti ‘Wannabe’ dengan dance break-nya nan ikonik. ‘Not Shy’ mempunyai bagian dance break nan mempunyai komposisi bass terlalu dalam dan lagi-lagi, trap beat nan justru membikin aransemen menjadi underwhelming dimana semestinya bagian ini menjadi killing part.

‘Not Shy’ memang bukan track K-Pop nan buruk, namun tidak terlalu memenuhi ekspektasi kita jika dibandingkan dengan hits-hits Itzy sebelumnya.

Sumber Blog Informasi Tentang K-Pop - Cultura
Blog Informasi Tentang K-Pop - Cultura
Atas