Keren dan Tidak Terduga, 5 Lagu Hits K-pop Ini Menggunakan Sample Musik Klasik

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Pernah membayangkan perpaduan antara K-pop dan musik klasik? Meski berasal dari aliran berbeda, rupanya ada sederet lagu hits K-pop nan justru menggunakan sample dari musik-musik klasik terkenal. Penasaran lagu apa saja?

Musik klasik dikenal dengan beragam perpaduan dari permainan instrumen. Di sisi lain, K-pop justru mempunyai segi karakter tersendiri secara musikalitas. Walau selama beberapa tahun terakhir, K-pop sudah semakin berkembang dan memadukan beragam aliran berbeda. Termasuk juga dari komponen musik klasik.

Diantaranya seperti 5 lagu hits K-pop berikut ini nan menggunakan sample dari musik klasik. Keren dan sama sekali tidak terduga!

1. “Lie” – ‘BTS’ Jimin

Sepertinya tidak mengherankan jika BTS menyisipkan sample dari musik klasik ke dalam rilisannya. Bukan saja lantaran boy group papan atas ini mempunyai musikalitas tinggi dalam setiap rilisannya. Namun juga kecintaan para member pada musik hingga literatur klasik nan ditampilkan dalam beragam kesempatan.

Kali ini, lagu solo milik sang vokalis Jimin di album ‘Wings’ merupakan interpolasi dari komposer ternama dari Spanyol, Manuel de Falla. “Lie” menggunakan sample dari opera “La Vida Breve.”

Lagu tersebut menyisipkan distorted instrumen gitar nan diambil dari “La Vida Breve.” Meskipun opera ini mengedepankan penggunaan orkestra, namun beberapa musisi memang membawakan “La Vida Breve” dengan gitar. Persis seperti interpolasi Jimin dalam “Lie.”

2. “Love Song” – 7Princess

Lagu hits K-pop berikutnya nan menggunakan sample musik klasik dirilis pada tahun 2000. 7Princess, girl group anak-anak ternama kala itu merilis “Love Song” nan menggunakan sample instrumen biola dari “Love’s Greeting” besutan komposer dari Inggris, Edward Elgar.

Bila kalian mau menikmati lagu ini di jenis lebih baru, di tahun 2018 kemarin OH MY GIRLS memberikan tribut untuk 7Princess melalui rendition “Love Song”.

3. “Chopsticks” – NiziU

Group K-pop dari Jepang besutan JYP Entertainment, NiziU juga merilis lagu hits nan menggunakan sample musik klasik. Sample kali ini cukup terkenal dan mungkin sudah banyak dikenal oleh fans musik.

NiziU merilis “Chopsticks” nan menggunakan melodi waltz untuk instrumen piano di “The Celebrated Chop Waltz.” Uniknya lagi, lagu tersebut sendiri dikenal dengan nama lain “Chopsticks.”

“Chopsticks” ditulis oleh komposer dari Skotlandia, Euphemia Allen. Euphemia Allen menulis lagu ini ketika usianya baru 16 tahun di bawah nama namalain Arthur de Lulli.

4. “Song of the Moonlight” – Park Jiyoon

Penggemar baru K-pop mungkin belum familiar dengan nama soloist ternama satu ini. Padahal Park Jiyoon sudah merilis sederet lagu-lagu hits seperti cover “Coming of Age Ceremony” dan “Song of the Moonlight”.

“Song of the Moonlight”, nan mengusung aliran dance pop tidak banyak diketahui menggunakan sample musik klasik aria “Habanera” dari komposer asal Prancis Georges Bizet. Lagu ini diambil dari opera Georges Bizet, ‘Carmen.’

Park Jiyoon banyak mendapat pujian berkah rilisannya satu ini. Pasalnya dia menggubah aria “Habanera” menjadi musik unik dari unik ala K-pop.

5. “Good Night” – Dreamcatcher

Satu lagi sample musik klasik dalam lagu hits K-pop nan layak mendapat pujian. Dreamcatcher menggunakan sample “Suite No. 7 in G Minor” dari komposer Jerman, George Frideric Handel untuk lagu “Good Night”.

Irama dari piano dan harpsichord di “Suite No. 7 in G Minor” digubah menjadi musik rock di “Good Night”. Uniknya lagi, untuk “Good Night” sample “Suite No. 7 in G Minor” dimainkan dengan instrumen gitar. Menghadirkan vibe nan betul-betul berbeda dengan jenis aslinya. Keren, kan?

Source: (1)

Sumber Blog Informasi Tentang K-Pop - iniKPOP
Blog Informasi Tentang K-Pop - iniKPOP
Atas