Kyuhyun Super Junior, sang Raja Lagu Ballad dari SM Entertainment

Sedang Trending 4 bulan yang lalu

KOTOMONO.COCho Kyuhyun. Pria kelahiran Seoul, 3 Februari 1988, nan hingga sekarang tetap menjadi salah satu penyanyi top sekaligus member grup legendaris Super Junior ini seakan selalu enak-enak untuk dibicarakan.

Kyuhyun sendiri memulai perjalanan karirnya berbareng SM Entertainment setelah dia menjadi juara ketiga saat mengikuti kejuaraan berjudul ‘Chin Chin Singing Competition’ di tahun 2005. Saat itu, dia dan para pemenang lainnya pun langsung diminta untuk menandatangani perjanjian berbareng agensi tersebut.

Perjalanannya berasosiasi berbareng Super Junior sendiri awalnya tak begitu mulus. Grup nan sekarang sudah mempunyai nama besar itu dulunya justru hanya dibentuk sebagai sebuah grup proyek mini nan mengusung konsep ‘kelulusan anggota’ setelah beberapa tahun, nan diberi nama ‘Super Junior 05’.

Kyuhyun sendiri juga tidak termasuk dalam susunan awal Super Junior 05 ini. Ia baru berasosiasi kurang lebih setahun setelah grup tersebut debut, ialah di tahun 2006. Saat akhirnya dia diumumkan sebagai member baru sekaligus nan termuda, tidak semua fans bisa menerima keputusan tersebut. Butuh waktu baginya serta para fans untuk bisa beradaptasi.

BACA JUGA: Blackpink Comeback, nan Bahagia Nggak Cuma Penggemar Saja

Namun, tak disangka bahwa grup nan awalnya hanya dimaksudkan untuk sebuah proyek mini itu rupanya bisa menjadi super famous, dan jadi King of K-Pop. SuJu menjadi salah satu dari sekian banyak grup K-Pop lainnya nan berkontribusi dalam mengenalkan budaya musik Korea ke seluruh dunia.

Kesuksesan Kyuhyun dan Super Junior mulai terlihat ketika salah satu lagu mereka, ‘Sorry Sorry’, menjadi sangat terkenal tak hanya di Korea Selatan apalagi hingga ke luar negeri. Orang-orang mulai memperhatikan K-Pop, serta tentu saja Super Junior itu sendiri.

Di Super Junior sendiri, Kyuhyun terkenal salah satu member dengan IQ tertinggi. Ternyata kecerdasannya memang bukan main-main. Di masa kecilnya, dia juga pernah memenangkan lencana emas dalam olimpiade Matematika. Selain pandai dalam pelajaran tersebut, dia juga diketahui bisa memainkan beberapa perangkat musik, ialah piano serta klarinet.

Kyuhyun sendiri menjadi salah satu vokalis utama di Super Junior. Tak lama setelah debutnya sebagai member baru, dia berbareng Yesung dan Ryeowook, debut sebagai sub-unit dengan nama Super Junior KRY. Unit ini konsentrasi dengan merilis lagu-lagu ballad dengan nuansa musik sedih. Mereka bertiga pertama kali tampil dengan membawakan lagu ‘The One I Love’, sebagai soundtrack drama Korea ‘Hyena’. Dari sinilah karir Kyuhyun sebagai penyanyi ballad bermula.

BACA JUGA: Taeyeon SNSD: dari Leader Grup, Solois, hingga Anggota Variety Show

Selain Super Junior KRY, Kyuhyun juga tergabung dalam sebuah unit lain nan dibentuk tahun 2010 oleh SM Entertainment, nan berjulukan ‘SM The Ballad’. Dalam grup tersebut, Kyuhyun berasosiasi dengan beberapa penyanyi dari member grup lainnya, ialah mendiang Jonghyun SHINee, Jay TRAX, serta Jino nan saat itu tetap menjadi trainee SM (sekarang sudah berasosiasi dengan grup Pentagon).

Karir solonya sebagai penyanyi ballad sendiri baru dimulai di November 2014, dengan merilis sebuah mini album berjudul ‘At Gwanghwamun’, dengan title track nan berjudul sama. Meski sebelumnya, dia juga telah merilis beberapa lagu solo sebagai original soundtrack (OST) drama, seperti di tahun 2010 ialah ‘Hope is a Dream that Doesn’t Sleep’ untuk drama ‘Bread, Love and Dreams’ dan ‘Listen To You’ untuk drama ‘Pasta’.

Tak tanggung-tanggung, lagu ‘At Gwanghwamun’ di tahun 2016 memenangkan penghargaan dalam 30th Golden Disk Awards dalam kategori Digital Song Bonsang, berbareng lagu dari beberapa artis SM lainnya seperti Girls’ Generation, Taeyeon, dan Red Velvet.

BACA JUGA: Aespa Adalah Leader Kpop Generasi 4, No Debat!

Mirip dengan sub-unit KRY, Kyuhyun juga kebanyak merilis lagu berirama slow seolah mau menyampaikan kesedihan kepada para pendengarnya. Ditambah lagi dengan suaranya nan khas, nan bisa menyihir pendengarnnya untuk ikut merasakan sedih dan galau seperti lagu nan dibawakannya.

Selain lagu tersebut, beberapa lagu ballad dari Kyuhyun Super Junior nan cukup terkenal adalah ‘A Million Pieces’, ‘Aewol-ri’, serta nan terbaru ialah ‘Love Story’. Hingga kini, Kyuhyun sudah merilis beberapa mini album, studio album, single, serta OST.

Tak hanya itu saja, dia diketahui juga aktif membintangi beberapa drama musikal. Sejak tahun 2010, dia telah membintangi banyak sekali pertunjukkan musikal, sepeti ‘The Moon Embracing the Sun’, ‘Mozart’, dan ‘Phantom’. Hal ini tentu saja semakin memperkuat citranya sebagai seorang penyanyi dengan keahlian vocal nan mumpuni.

Super Junior saat konser Super Show 9 in JakartaSuper Junior saat konser Super Show 9 in Jakarta

Di usianya nan sekarang telah mencapai 34 tahun, Kyuhyun tetap sukses membuktikan eksistensinya di bumi intermezo Korea Selatan. Ia tetap aktif mengisi beragam acara, merilis lagu baik solo maupun berbareng rekan-rekannya dalam grup, maupun berperan-serta dalam beragam konser.

BACA JUGA: BTS Putuskan Hiatus, Rasa-rasanya Seakan Bubar Alon-alon

Baru-baru ini, 17 September 2022, Kyuhyun berbareng rekan-rekannya baru saja menggelar konser mereka di Jakarta, Indonesia, nan berjudul ‘Super Show 9 in Jakarta’. Hal ini tentu saja disambut dengan baik oleh para penggemar. Sudah cukup lama Super Junior tidak datang ke Indonesia sebagai grup lengkap, terakhir adalah saat konser ‘Super Show 8 Infinite Time’ pada Januari 2021.

Tentu saja, para fans berambisi agar Kyuhyun dan seluruh member Super Junior boleh tetap berkarir di bumi intermezo hingga bertahun-tahun ke depan, menemani para fans nan juga telah menemani mereka hingga 17 tahun berkarya.

BACA JUGA Tulisan-tulisan menarik dari Elsada Febryanti lainnya.

Sumber Blog Beita Tentang K-Pop - Kotomono
Blog Beita Tentang K-Pop - Kotomono
Atas