Taeyeon SNSD: dari Leader Grup, Solois, hingga Anggota Variety Show

Sedang Trending 5 bulan yang lalu

KOTOMONO.CO – Kpopers angkatan 2000an tentunya sudah tidak asing dengan sosok idol nan satu ini: Kim Taeyeon. Gadis elok kelahiran 9 Maret 1989 ini pertama kali memulai debut di 5 Agustus 2007 silam berbareng rekan-rekannya dalam grup dibawah naungan SM Entertainment: Girls’ Generation alias So Nyeo Shi Dae (SNSD). Dalam grup, Taeyeon menempati posisi sebagai leader dan main vocalist.

Taeyeon mengawali perjalanan karirnya cukup lama sebelum resmi menjadi member SNSD. Dimulai di tahun 2003, Taeyeon remaja sukses diterima di SM Starlight Academy. Setahun setelahnya, dia mengikuti SM Entertainment’s 8th Annual Best Contest dan sukses meraih juara pertama. Sejak itu, Taeyeon akhirnya resmi diterima sebagai trainee di SM Entertainment. Dan tiga tahun setelahnya, Taeyeon resmi debut sebagai personil SNSD.

Seiring dengan meningkatnya fans Kpop di beberapa negara, kepopuleran grup SNSD juga semakin meningkat. Dengan berjalannya waktu, para member juga perlahan mulai memperluas karir di bagian lainnya, ialah sebagai aktris maupun penyanyi solo. Taeyeon sendiri adalah salah satu nan akhirnya memulai debut sebagai penyanyi solo.

Sejak awal berasosiasi dengan agensi, keahlian vokal Taeyeon sudah tidak diragukan lagi. Satu tahun setelah SNSD debut, gadis berzodiak Pisces itu langsung memulai debut solonya dengan membawakan lagu berjudul If sebagai OST drama Korea “Hong Gil Dong”. Tak tanggung-tanggung, If  langsung masuk sebagai Nominasi OST Terbaik dalam arena MNET Asian Music Awards (MAMA) tahun 2008.

BACA JUGA: Aespa Adalah Leader Kpop Generasi 4, No Debat!

Karir Taeyeon sebagai personil grup sekaligus solois semakin berkembang setiap tahunnya. Diluar kegiatan grup, dia semakin sering merilis lagu solo maupun duet. Beberapa diantaranya adalah “Breath” nan merupakan lagu duetnya berbareng rekan kerjanya sekaligus sahabatnya, almarhum Jonghyun Shinee; “I”, lagu duet berbareng Verbal Jint sekaligus title track untuk mini album pertamanya; serta “Rain”, lagu nan dia nyanyikan solo dan merupakan bagian dari proyek SM Station.

Meski sebelumnya sudah cukup sering tampil solo, rilisnya lagu “I” di tahun 2015 menandakan resminya awal perjalanan karir Taeyeon sebagai solois. Selain lagu-lagu nan telah disebutkan, deretan lagu Taeyeon lainnya sebagai seorang solois setiap tahun semakin bertambah.

BACA JUGA: Sisi Gelap Dibalik Spektakulernya Industri Hiburan K-Pop

Tahun 2016, dia merilis mini album keduanya berjudul “Why”, serta single berjudul “11:11”. Terus berlanjut, tahun 2017 dengan album pertama berjudul “My Voice” serta Winter 1st Mini Album berjudul “This Christmas: Winter Is Coming”. Yang terbaru, di tahun 2022 dia merilis mini studio album ketiga nan diberi titel “INVU”.

Pencapaiannya sebagai penyanyi OST drama juga tak kalah cemerlang. Sejak 2008, terhitung ada lebih dari 10 OST nan telah dibawakan oleh Taeyeon. Bahkan dia dipercaya untuk membawakan OST “Frozen 2” ialah “Into the Unknown” dalam  versi Bahasa Korea, dalam rangka mempromosikan penayangan movie tersebut. Lalu di tahun 2020 Taeyeon akhirnya meraih penghargaan Best OST dalam arena 29th Seoul Music Awards. Perhargaan itu dia dapatkan untuk lagu “All About You” nan dia nyanyikan sebagai OST “Hotel Del Luna”.

Meski sempat melalui masa vakum selama beberapa tahun, perihal itu tidak membikin karir SNSD dan para member redup. Setiap member sukses mempertahankan eksistensinya di bidangnya masing-masing, termasuk Taeyeon. Tepat di tahun 2020, sembari tetap mengerjakan proyek sebagai penyanyi solo, Taeyeon berasosiasi menjadi personil resmi sebuah kegiatan ragam berjudul Amazing Saturday.

BACA JUGA: Blackpink Comeback, nan Bahagia Nggak Cuma Penggemar Saja

Di sini, Taeyeon betul-betul membuktikan kepopulerannya sebagai personil grup maupun penyanyi solo. Beberapa bintang tamu nan diundang ke kegiatan tersebut mengaku sebagai fans beratnya, diantaranya Moonbyul Mamamoo, Jiho Oh My Girl, Heize, serta Seungkwan Seventeen. Moonbyul apalagi menangis saat namanya disebut oleh Taeyeon, tidak percaya bahwa perihal itu dilakukan oleh sang idola. Hal ini menunjukkan keahlian dan ketenaran Taeyeon serta SNSD nan tidak main-main apalagi di mata para juniornya.

SNSD Comeback 2022SNSD Comeback 2022 | cr: https://www.instagram.com/p/CgwupXLvljH/

Setelah menekuni karir solo hingga ke kegiatan ragam, akhirnya pada Agustus 2022 Taeyeon kembali lagi dengan aktivitasnya sebagai SNSD. Meski telah berada di agensi nan berbeda, delapan member SNSD resmi comeback dengan album ketujuh: Forever 1. Comeback kali ini juga bertepatan dengan perayaaan 15th debut anniversary SNSD. Hal ini tentu saja disambut sangat baik oleh para fans nan telah lama menunggu. Sebagai corak promosi, Taeyeon CS telah menghadiri beberapa kegiatan ragam. Salah satunya adalah Amazing Saturday, juga Knowing Brothers dan MMTG.

BACA JUGA Tulisan-tulisan menarik dari Elsada Febryanti lainnya.

Sumber Blog Beita Tentang K-Pop - Kotomono
Blog Beita Tentang K-Pop - Kotomono
Atas