Viral, 6 Lagu K-Pop Ini Masuk Chart Setelah Lama Dirilis

Sedang Trending 1 bulan yang lalu

Beberapa lagu K-pop memang langsung masuk chart ketika diluncurkan. Sedangkan banyak lain nan kudu menjadi viral lebih dulu untuk dapat masuk chart. Bahkan lama setelah dirilis.

Fenomena dengan nama 역주행 “Yeokjoohaeng” ini sudah tidak asing lagi di industri musik Korea Selatan. Mengingat terdapat sederet lagu menjadi viral jauh dari tanggal rilis hingga sukses masuk ke dalam chart.

Lagu-lagu di bawah ini tidak sukses masuk chart ketika baru dirilis. Beberapa bulan, apalagi tahun kemudian, lagu tersebut menjadi viral. Hingga akhirnya dapat bertengger manis di tangga lagu.

Berikut ini merupakan 6 lagu K-pop nan sempat menjadi viral sebelum sukses masuk chart lama setelah perilisan.

  1. EXID – “Up & Down”

“Up & Down” menjadi lagu hits dan melejitkan karir girl group EXID. Lagu K-pop catchy tersebut mulai dikenal luas setelah fancam salah seorang member EXID, Hani, menjadi viral.

Hani tidak saja memulai trend fancam di industri musik K-pop. Melainkan juga membawa “Up & Down” menjadi hits. Lagu ini sukses bertengger di chart setelah 5 bulan diluncurkan.

  1. IU – “Hold My Hand”

“Hold My Hand” merupakan lagu pertama nan diciptakan dan ditulis oleh IU. Lagu ini sendiri sebenarnya sudah menjadi hits saat dirilis sebagai soundtrack drama “The Greatest Love” pada tahun 2011. Kala itu, “Hold My Hand” pun sudah masuk ke dalam chart.

Menariknya, nyaris satu dasawarsa kemudian lagu ini kembali melesak ke dalam tangga lagu. “Hold My Hand” menjadi viral setelah penampilan IU membawakan lagu ini di tur konser tahun 2019. Video penampilan tersebut diunggah di YouTube pada 2020 kemarin dan membawa “Hold My Hand” kembali melejit di tangga lagu

  1. Oh My Girl – “Dolphin”

https://youtu.be/oaRTMjLdiDw

Oh My Girl sukses menarik perhatian pendengar di Korea Selatan atas lagu-lagu mereka di tahun kemarin. Menariknya, tidak hanya title track girl group ini saja nan meraih sukses di tangga lagu. “Dolphin” nan merupakan b-side pun mencapai raihan sama.

Viral lagu “Dolphin” dimulai saat IU mengunggah Instagram Story mengenai b-side track ini. Sang soloist ternama Korea Selatan tersebut juga mengunggah cover video pendek saat menyanyikan “Dolphin.”

Kesuksesan “Dolphin” tidak saja sukses viral dan masuk ke dalam chart. Hits ini menjadi b-side track paling lama memperkuat di Gaon Digital Chart Top 10. Keren!!

  1. PENTAGON – “Shine”

Meski diakui oleh fans sebagai salah satu lagu terbaik dari Pentagon, “Shine” justru tidak sukses masuk chart setelah dirilis. Lagu ini baru menjadi hits ketika aktivitas tarian “Hammer Dance” menjadi viral.

Banyaknya idol menarikan aktivitas key dance point untuk “Shine” tersebut sukses membawa lagu ini meniti chart Top 100 Melon Real Time!

  1. LABOUM – “Journey to Atlantis”

Satu lagu lagi nan dianggap apik oleh fans namun tidak sukses masuk dalam chart saat pertama kali dirilis. “Journey to Atlantis” merupakan lagu favorit fans dari LABOUM. Lagu ini pula kerap kali dibawakan saat LABOUM tampil menghibur tentara di barak.

Tidak mengejutkan. Lama setelah rilis dan lagu ini menjadi favorit para tentara, “Journey to Atlantis” pun sukses masuk dalam chart.

  1. Brave Girls – “Rollin’”

Nyaris sama seperti “Journey to Atlantis”, “Rollin’” pun rupanya menjadi lagu K-pop favorit para tentara. Terbukti saat lagu ini menjadi viral, 4 tahun setelah perilisan, komentar paling banyak diberikan oleh para mantan tentara nan sudah menyelesaikan wajib militer.

Perlu 4 tahun untuk “Rollin’” menjadi hits serta memberikan sukses pada Brave Girls. Hits nan 2 bulan berturut-turut bertengger manis di ranking atas Melon Monthly Chart tersebut membawa nama Brave Girls kembali dikenal.

Bahkan girl group ini mempromosikan ulang lagu ini dan membawa beberapa kemenangan dari kegiatan musik.

Keviralan “Rollin’” dimulai saat sebuah akun YouTube mengunggah video kompilasi penampilan Brave Girls. Banyaknya komentar dari tentara dan mantan tentara, membikin lagu ini menjadi viral dan hits.

Baca juga: Lagu-Lagu Kpop Yang Tanpa Disangka Menjadi Viral Setelah Bertahun-Tahun Dirilis

Sumber Blog Informasi Tentang K-Pop - iniKPOP
Blog Informasi Tentang K-Pop - iniKPOP
Atas