Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Bagi Pengguna Smartphone untuk Mengurangi Dampak Radiasi

Halo sobat pembaca blog MRVAP18 semua, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas tentang smartphone, namun kali ini bahasan kita mengenai efek radiasi dari smartphone yang sering kita gunakan. Tanpa kita sadari selain mempunyai banyak keuntungan dan mampermudah sistem komunikasi yang canggih, ternyata smartphone juga mempunyai sisi negatif melalui pancaran gelombang radiasi Radio Frequency (RF).

Pancaran Radiasi Radio Frequency (RF) yang terdapat dalam smartphone menjadi penyebab timbulnya bahaya. RF memancarkan radiasi yang dikeluarkan oleh ponsel saat dalam keadaan aktif. Biasanya, radiasi ini muncul karena ponsel tengah mencari sinyal.

Jika paparan Radiasi RF terjadi dalam durasi dan jangka yang panjang di duga dapat menimbulkan beberapa penyakit ringan bahkan bisa membahayakan, diantara yang sering muncul dari dampak radiasi seperti pusing, gangguan tidur, ganguan penglihatan hingga kanker, serangan jantung, kerusakan otak, bahkan dapat terserang Alzhehimer.


Namun jangan khawatir, saya telah merangkumkan yang di kutip dari berbagai sumber terpercaya beberapa tips dan cara yang dapat kita dilakukan agar mengurangi dampak radiasi smartphone itu. Sebelum terlambat, pentingnya kita mengerti cara mengatasinya dan mengurangi efek dari radiasi smartphone tersebut.

Berikut ini beberapa cara dan tips yang dapat dilakukan pengguna smartphone untuk mereduksi dampak buruk radiasi phonsel/smartphone jangka panjang.

Jarak antara Mata dengan Smartphone harus dibatasi

Liquid Crystal Display atau biasa disingkat (LCD), yang terdapat pada smartphone mengandung radiasi yang sangat berlebihan, yang mempengaruhi terhadap kesehatan pada mata kita. Oleh karena itu, pentingnya kita semua untuk selalu jaga jarak antara mata dan layar smartphone.

Jangan gunakan saat Sinyal Lemah

Saat sinyal lemah, indikator pada posisi satu bar, radiasi yang ditimbulkan akan lebih besar. Alasannya, sinyal RF yang dikeluarkan oleh Ponsel/Smartphone lebih besar ketika sinyal dalam keadaan lemah. Jika memang tidak dalam kedaan darurat, lebih baik membiarkan Smartphone tersimpan atau bahkan matikan ponsel ketika sinyal dalam keadaan lemah.

Hindari menyimpan Smartphone pada Saku

Bentuknya yang praktis memudahkan kita untuk menyimpannya dalam saku celana atau saku baju kita. Namun, kebiasaan ini perlu dihindari karena radiasi smartphone akan sangat dekat dengan tubuh dan dalam durasi yang lama. Sebaiknya, kamu dapat menyimpan Smartphone kamu didalam tas.

Hindari bermain Smartphone sebelum tidur

Sering kita menggunakan Smartphone hingga saat akan tidur pun masih menggenggamnya. Paparan radiasi yang dipancarkan akan membuat tidur kita menjadi tidak nyenyak. Jadi sebaiknya kurangi bermain Smartphone saat akan tidur. Sebelum anda tidur jauhkan Smartphone anda jangan didekatkan dengan posisi kepala anda.

Gunakan Mode Pesawat ketika tidak digunakan sama sekali

Mode pesawat tidak hanya digunakan ketika di dalam pesawat, dengan menggunakan fitur mode pesawat sinyal secara paksa akan di nonaktifkan, dan membatasi si penggunanya dari pancaran sinyal yang tidak stabil dan berlebihan.

Ya itulah 5 cara mengurangi dampak radiasi smartphone yang bisa kita lakukan. Tanpa kita sadari dalam kehidupan sehari-hari sering kita lakukan kesalahan yang akan berefek negatif terhadap kesehatan kita, sebaiknya kita batasi dan kurangi waktu penggunaan smartphone.

Post a Comment for "5 Tips Bagi Pengguna Smartphone untuk Mengurangi Dampak Radiasi"