Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Asuransi? Ini Penjelasan Mengenai Asuransi

Mengenal Pengertian Asuransi dari Berbagai Sisi

Asuransi adalah hal yang sudah biasa didengar dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan mengikuti asuransi di berbagai bidang. Tentu saja hal ini membuatnya banyak diminati. Namun, ternyata sejauh ini pengertian asuransi secara detail pun belum banyak dipahami.

Pengguna asuransi kebanyakan hanya mengetahui sistem dan fungsinya saja. Padahal, ada pengertian istilah secara eksplisit yang menjelaskannya, baik secara umum maupun menurut para ahli. Jika Anda salah satu pengguna produk asuransi ini, pastikan memahaminya dengan baik.

Pengertian Asuransi Secara Umum

Asuransi secara umum bisa dipahami sebagai perjanjian antara dua belah pihak, yang mewajibkan salah satu pihak tersebut membayar iuran . Sedangkan pihak yang kedua berperan pihak yang menjamin pembayaran premi sepenuhnya pada pihak pertama. Pembayaran tersebut akan dilakukan bila ada sesuatu yang menimpa pihak pertama sesuai sesuai perjanjian yang sudah dibuat.

Asuransi ini sendiri bisa merujuk pada berbagai aspek sesuai jenis yang dipilih oleh pihak yang membayar iuran. Sedangkan proses pencairan premi serta situasi bagaimana seseorang bisa mencairkan asuransinya tergantung pada setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan. 

Pengertian Asuransi Menurut Para Ahli

Sebelumnya sudah dibahas apa definisi asuransi secara umum. Selain itu penting juga mengetahui bagaimana pengertian asuransi ini berdasarkan pendapat para ahli. Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi dari sumber yang akurat dan bisa dipertanggungjawabkan. Berikut ini merupakan beberapa ahli yang mendefinisikannya. 

1. Menurut Robert I. Mehr
Robert mendefinisikan asuransi sebagai alat yang daoat mengurangi risiko dengan jalan kerjasama. Lebih lanjut, maksudnya adalah dengan menggabungkan unit-unit yang memiliki kemungkinan rsiko tertentu sehingga berbagai kerugian individu bisa diminimalisir dan di prediksi bersama. Selanjutnya, kerugian ini didistribusikan secara bersama ke semua unit sehingga lebih meringankan. 

2. Menurut Commack 
Sama halnya dengan Robert, Commack juga menyebutkan bahwa asuransi merupakan alat yang keberadaannya ditujukan untuk mengurangi risiko dalam hal keuangan. Sistem kerjanya sendiri adalah dengan mengumpulkan berbagai unit dalam jumlah memadai kemudian memperkirakan risiko yang bisa ditanggung setiap unitnya.  Setiap kerugian tersebut pada akhirnya akan dipukul rata dan ditanggung bersama. 

3. Menurut Arthur Williams JR
Selanjutnya, menurut Wiliams, asuransi merupakan alat untuk memperkecil risiko lebih dari dua individu maupun perusahaan. Pihak-pihak tersebut digabungkan dengan kontribusi premi. Premi tersebut ditentukan sebagai dana yang akan dimanfaatkan nantinya untuk membayar klaim para pihak yang mengalami kerugian. 

Asuransi Dalam Undang-Undang 

Sebagaimana jenis transaksi atau perjanjian pada umumnya, asuransi ini juga diatur dalam undang-undang. Setidaknya ada 2 undang-undang yang merumuskannya, yakni UU nomor 2 tahun 1992 dan  UU dalam KUHD (Kitab Undang-Undang Hukum Dagang),  tepatnya pada bab ke 9 pasal 246. 

Sebagaimana definisi-definisi sebelumnya, dalam UU ini asuransi juga dipahami sebagai perjanjian antara 2 orang atau lebih. Pihak tertanggung dalam hal ini mengikatkan dirinya pada pihak penanggung. Pihak penanggung adalah mereka yang membayar premi dari kerugian yang dialami tertanggung sesuai perjanjian dan ketentuan yang berlaku.

Lebih jelasnya, disebutkan bahwa pihak tertanggung adalah mereka yang menyalurkan risiko. Sedangkan pihak penanggung dalam hal ini merupakan badan yang menerima risiko tersebut. Sedangkan perjanjian kedua belah pihak ini selanjutnya disebut sebagai kebijakan. 

Demikianlah beberapa ulasan mengenai  pengertian asuransi dari berbagai sisi. Selain mengenal pengertiannya, ada beberapa aspek lain yang tidak kalah penting diketahui tentang asuransi ini. Di antaranya seperti istilah, jenis, manfaat hingga sistem pengambilan preminya secara umum. Setelah mengenal lebih banyak informasi, jika tertarik Anda bisa mulai memilikinya.  

Post a Comment for "Apa itu Asuransi? Ini Penjelasan Mengenai Asuransi"