Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mempunyai Asuransi

Keberadaan asuransi sangatlah penting. Apabila sudah mempunyai penghasilan sendiri, alangkah baiknya untuk mulai menata masa depan Anda dengan melibatkan berbagai asuransi yang terpercaya. Asuransi tersebut bisa membantu Anda di saat-saat penting dan terdesak. Berikut beberapa alasan yang perlu Anda pahami mengapa harus mempunyai asuransi.

Sebagai Sarana Investasi Jangka Panjang

Memiliki asuransi dalam bentuk apapun juga bisa Anda gunakan untuk investasi dalam jangka panjang. Anda juga bisa manfaatkan asuransi sebagai tabungan. Setiap bulan Anda menyisihkan uang sebagai premi asuransi. Uang yang Anda bayarkan setiap bulan itulah yang akan menolong pada saat membutuhkan dana darurat.

Dalam jenis asuransi pendidikan, Anda menyalurkan dana sebagai investasi pendidikan di masa depan. Tabungan pendidikan inilah yang menjamin kesejahteraan pendidikan untuk si kecil di masa depannya kelak. Asuransi jenis pendidikan biasanya bisa dicairkan apabila sudah jatuh tempo. Biasanya sekitar 5-10 tahun. Dalam asuransi kesehatan pun demikian, bahkan bisa diambil jika Anda ternyata tidak membutuhkannya. 

Mengurangi Resiko Keuangan

Saat mempunyai penghasilan sendiri, Anda tentu mempunyai dana darurat yang bisa digunakan untuk hal-hal yang tidak terduga. Akan tetapi, seringkali dana darurat yang disiapkan lebih sedikit dari dana yang dibutuhkan. Tidak sedikit yang bahkan rela menjual beberapa harta benda untuk mencukupi dana darurat tersebut. 

Adanya asuransi sedikit banyak membantu Anda dalam menangani masalah keuangan ini. Anda tidak lagi merasa cemas ketika harus mengeluarkan dana untuk keperluan darurat. Sebagai contoh, ketika harus menjalani perawatan intensif, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya yang dikeluarkan selama Anda menjalani perawatan.

Melindungi Anda, Keluarga Dan Harta Benda

Keberadaan asuransi juga melindungi Anda dan keluarga. Tidak ada satupun yang tahu tentang apa yang akan terjadi di masa depan. Oleh karena itu, berjaga-jaga sangat diperlukan. Adanya asuransi jiwa membantu Anda dan keluarga agar tetap terlindungi dengan baik. 

Begitu pula dengan umur, tidak akan ada yang tahu sampai kapan umur keluarga Anda bisa bertahan. Suatu hari kematian tiba. Dalam hal ini adanya asuransi memberi jaminan berupa uang santunan yang akan diberikan kepada ahli waris atau keluarga yang lain jika salah satu anggota meninggal.

Demikian pula pada asuransi kepemilikan mobil dan rumah. Pada asuransi kepemilikan mobil, Anda bisa menggunakan dana yang sudah diinvestasikan untuk melakukan perbaikan dan perawatan pada kendaraan. Jadi, tak perlu lagi mengeluarkan dana untuk melakukan perbaikan pada kendaraan Anda.

Membantu Merencanakan Masa Depan

Masa depan memang tidak bisa diprediksi. Akan tetapi, Anda masih bisa merencanakannya sejak awal. Mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk masa depan melalui asuransi adalah pilihan tepat. Anda bisa merencanakan pendidikan untuk masa depan si kecil sejak masih dini. 

Sistem kerja asuransi pendidikan adalah dengan mengambil saldo dari tabungan investasi yang sudah disetorkan ke pihak asuransi guna membiayai pendidikan si kecil. Apabila kedua orangtua meninggal, maka saldo asuransi pendidikan akan disetorkan otomatis pada sang anak. 

Memberikan Perlindungan

Ketika sudah mempunyai asuransi untuk kehidupan, Anda tidak perlu lagi merasa khawatir dan cemas. Keselamatan dan kesehatan Anda terjamin oleh adanya asuransi. Perlindungan terhadap kejadian-kejadian tidak terduga seperti kecelakaan maupun kematian juga sudah dijamin secara material olehnya. 

Anda tidak perlu lagi cemas memikirkan dana untuk kesehatan yang tidak sedikit dan dana pendidikan yang setiap tahun selalu bertambah. Demikian pula biaya perawatan kendaraan dan rumah yang menguras penghasilan Anda. 

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus mempunyai asuransi dari sekarang, karena sejatinya perencanaan itu sangat penting. Tidak ada salahnya mempunyai asuransi untuk kemungkinan-kemungkinan yang tidak bisa diduga di masa depan. 

Post a Comment for "Inilah 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mempunyai Asuransi"